Fosfor Putih Israel Lukai Warga Sipil di Lebanon

Berita143 Dilihat

HOTNESIA NEWS Amnesty International menuding tentara Israel menggunakan peluru artileri mengandung senjata pembakar fosfor putih selagi melancarkan operasi di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon Selatan antara 10 dan 16/10/23.

Amnesty menilai insiden paling memprihatinkan terjadi pada 16 Oktober ketika Kota Dhayra menjadi sasaran serangan tanpa pandang bulu. Serangan itu menyebabkan kebakaran di rumah-rumah dan mobil warga sipil, serta melukai beberapa orang.

“Lebih dari sekadar mengerikan ternyata tentara Israel tanpa pandang bulu menggunakan fosfor putih yang melanggar hukum kemanusiaan internasional,” kata Aya Majzoub, wakil direktur regional Timur Tengah dan Afrika Utara pada Amnesty International.

Fosfor putih adalah bahan kimia yang dapat menyebabkan luka bakar serius dan bahkan kematian. Bahan ini dilarang digunakan dalam serangan terhadap warga sipil.

Amnesty International mengatakan telah memverifikasi video dan foto yang menunjukkan penggunaan fosfor putih oleh tentara Israel di Lebanon Selatan. Lembaga itu juga mewawancarai sejumlah saksi mata yang mengonfirmasi penggunaan senjata tersebut.

Militer Israel membantah tuduhan Amnesty International. Militer tersebut mengatakan hanya menggunakan bahan kimia untuk tujuan penerangan dan untuk membakar ranjau darat.

Namun, Amnesty International mengatakan klaim militer Israel tidak masuk akal. Amnesty mengatakan tidak ada bukti bahwa fosfor putih digunakan untuk tujuan penerangan atau untuk membakar ranjau darat.

Amnesty International mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menyelidiki tuduhan tersebut. Amnesty juga mendesak negara-negara anggota PBB untuk menuntut Medinat Yisrael untuk bertanggung jawab atas penggunaan bahan kimia.

Dampak Negatif Fosfor Putih

Fosfor putih dapat menyebabkan luka bakar serius dan bahkan kematian. Bahan ini dapat menembus kulit dan menyebabkan jaringan tubuh terbakar. Luka bakar akibat fosfor putih juga sangat sulit untuk disembuhkan.

Fosfor putih juga dapat menyebabkan kerusakan paru-paru dan saluran pencernaan. Bahan ini juga dapat menyebabkan kanker.

Asap dari bom fosfor putih dapat mengiritasi organ manusia atau hewan. Jika terhirup atau tertelan, fosfor akan memicu kematian. Jika terkena kulit, fosfor putih mampu menyebabkan luka bakar dengan rasa sangat perih, seperti luka bakar tingkat dua sampai tiga.

Penggunaan fosfor putih dalam serangan terhadap warga sipil merupakan pelanggaran hukum kemanusiaan internasional. Hukum internasional melarang penggunaan senjata yang dapat menyebabkan penderitaan yang tidak perlu atau penderitaan yang berlebihan.(MIS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *