Gempa di Nias M 3,2: Sumatera Utara Rawan Gempa, Masyarakat Diminta Waspada

Berita, Iklim127 Dilihat

HOTNESIA.COM – Kabar iklim Gempa di Nias, Sumatera Utara (Sumut) diguncang gempa berkekuatan magnitudo (M) 3,2 pada Rabu (27/12/2023) pagi. Gempa tersebut terjadi pukul 7.25 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa tersebut berpusat di 1.10 lintang utara dan 98.22 bujur timur, atau sekitar 58 kilometer tenggara Kabupaten Nias. Gempa berada di kedalaman 15 kilometer.

Gempa tersebut dirasakan cukup kuat di wilayah Kabupaten Nias, terutama di Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias Selatan, dan Kabupaten Nias Utara. Warga di wilayah tersebut mengaku merasakan guncangan yang cukup lama dan disertai dengan getaran yang kuat.

“Gempanya terasa cukup kuat, saya sampai kaget dan langsung keluar rumah,” kata seorang warga Kota Gunungsitoli, Asrul.

Warga lainnya, Rahmat, mengatakan bahwa gempa tersebut sempat membuat panik warga. Banyak warga yang keluar rumah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Saya langsung keluar rumah bersama anak-anak, takut terjadi gempa susulan,” kata Rahmat.

BMKG memprediksi gempa ini tidak berpotensi tsunami. Sejauh ini juga belum ada informasi kerusakan akibat gempa tersebut.

Potensi Gempa di Sumatera Utara

Sumatera Utara merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang rawan gempa. Hal ini karena wilayah tersebut berada di jalur cincin api pasifik, yang merupakan kawasan pertemuan lempeng tektonik.

Pada tahun 2005, gempa berkekuatan M 8,7 mengguncang Aceh dan Sumatera Utara. Gempa tersebut menyebabkan tsunami yang menewaskan lebih dari 200.000 orang.

BMKG mengimbau masyarakat di wilayah Sumatera Utara untuk selalu waspada terhadap potensi gempa. Masyarakat diimbau untuk selalu siap siaga menghadapi gempa, dengan cara mengetahui jalur evakuasi dan menyiapkan perlengkapan yang diperlukan.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk tidak mendirikan bangunan di kawasan yang rawan gempa.

Persiapan Masyarakat Menyikapi Gempa

Gempa bumi merupakan bencana alam yang tidak dapat diprediksi kapan terjadinya. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk selalu siap siaga menghadapi gempa.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan masyarakat untuk mempersiapkan diri menghadapi gempa:

  • Kenali jalur evakuasi dan tempat aman untuk berlindung.
  • Siapkan perlengkapan yang diperlukan, seperti makanan, minuman, obat-obatan, dan perlengkapan darurat lainnya.
  • Latih diri untuk melakukan evakuasi dengan cepat dan aman.

Selain itu, masyarakat juga dapat melakukan beberapa hal untuk mengurangi risiko kerusakan akibat gempa, yaitu:

  • Bangun rumah dengan struktur yang kokoh dan tahan gempa.
  • Gunakan material bangunan yang berkualitas.
  • Perkuat bangunan dengan konstruksi yang memadai.

Dengan persiapan yang matang, masyarakat dapat mengurangi risiko kerugian dan korban jiwa akibat gempa.

Gempa bumi M 3,2 yang mengguncang Kabupaten Nias pada Rabu pagi (27/12/2023) merupakan pengingat bagi masyarakat di wilayah tersebut untuk selalu waspada terhadap potensi gempa. Masyarakat diimbau untuk selalu siap siaga menghadapi gempa, dengan cara mengetahui jalur evakuasi, menyiapkan perlengkapan yang diperlukan, dan melakukan latih evakuasi secara berkala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *