Harga Tiket Pesawat Domestik Masih Belum Normal, Ini Penyebabnya

Berita, Pengetahuan, Tips794 Dilihat

HOTNESIA NEWS, Medan – Harga tiket pesawat domestik melalui Bandara Kualanamu masih fluktuatif usai tahun baru. Bahkan, harga tiket rute Medan-Jakarta pada pekan kedua Januari 2024 rata-rata berkisar Rp 1,3 juta hingga Rp 1,4 juta per orang untuk sekali penerbangan.

Harga tiket ini masih jauh di atas harga normal yang rata-rata masih di bawah Rp 1 juta. Hal ini membuat masyarakat mengeluhkan keterjangkauan tiket pesawat domestik.

“Harganya mahal banget. Mahalnya sampai Rp 1,5 juta. Padahal kalau naik kereta api paling Rp 300 ribu,” kata salah seorang penumpang, Budi (35) kepada detikSumut, Senin (8/1/2024).

Budi mengaku, terpaksa membeli tiket pesawat karena waktunya terbatas. Ia harus segera kembali ke Jakarta untuk bekerja.

“Kalau naik kereta api, bisa sampai 3 hari perjalanan. Saya tidak punya waktu segitu,” ucapnya.

Senada dengan Budi, penumpang lainnya, Rahma (27) juga mengeluhkan mahalnya harga tiket pesawat. Ia berencana pulang kampung ke Jawa Barat untuk merayakan Idul Fitri.

“Mau pulang kampung, tapi harga tiketnya mahal. Kalau naik kereta api, bisa sampai 2 hari perjalanan. Saya tidak punya waktu segitu,” kata Rahma.

Rahma berharap, harga tiket pesawat domestik dapat segera kembali normal. Hal ini agar masyarakat dapat kembali bepergian dengan nyaman dan terjangkau.

“Harga tiketnya harus kembali normal. Masyarakat juga perlu diperhatikan,” ucapnya.

Penyebab Mahalnya Harga Tiket Pesawat Domestik

Ketua Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Sumut Wilson Halim mengatakan, mahalnya harga tiket pesawat domestik saat ini disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah kecerobohan permintaan dengan kapasitas maskapai.

“Mungkin permintaan tidak seimbang dengan kapasitas maskapai,” kata Wilson kepada detikSumut, Senin (8/1/2024).

Wilson menjelaskan, biasanya harga tiket pesawat akan kembali normal pada minggu pasca tahun baru. Namun, kali ini kondisinya berbeda. Harga tiket masih bertahan di atas harga normal hingga pekan kedua Januari.

“Baru kali ini sih (terjadi). Kita cek sampai Juni juga masih di harga Rp 1,4 juta-Rp 1,5 juta sekali jalan. H+7 biasanya sudah turun,” tuturnya.

Selain kecerobohan permintaan, Wilson juga menyebut faktor lain yang menyebabkan mahalnya harga tiket pesawat domestik saat ini adalah kenaikan harga avtur.

“Avtur naik, jadi harga tiket juga naik,” ucapnya.

Wilson berharap, harga tiket pesawat domestik dapat segera kembali normal. Hal ini agar masyarakat dapat kembali bepergian dengan nyaman dan terjangkau.

“Kita berharap harga tiket bisa kembali normal. Ini kan juga berdampak pada masyarakat,” kata Wilson.

Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Domestik dengan Harga Terjangkau

Meski harga tiket pesawat domestik masih mahal, namun ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tiket dengan harga terjangkau. Berikut adalah beberapa tipsnya:

  • Pesan tiket jauh-jauh hari

Pesan tiket jauh-jauh hari dapat membantu Anda mendapatkan tiket dengan harga yang lebih terjangkau. Hal ini karena maskapai biasanya akan memberikan diskon atau promo untuk tiket yang dipesan jauh-jauh hari.

  • Pilih maskapai yang tidak populer

Maskapai yang tidak populer biasanya akan menawarkan harga tiket yang lebih terjangkau dibandingkan maskapai yang populer. Hal ini karena maskapai yang tidak populer memiliki kapasitas yang lebih kecil.

  • Bergabung dengan komunitas travel

Bergabung dengan komunitas travel dapat membantu Anda mendapatkan informasi tentang promo dan diskon tiket pesawat. Selain itu, Anda juga dapat bertukar informasi dengan anggota komunitas lainnya tentang tips mendapatkan tiket dengan harga terjangkau.

  • Gunakan aplikasi atau website travel online

Aplikasi atau website travel online dapat membantu Anda membandingkan harga tiket dari berbagai maskapai. Hal ini dapat membantu Anda mendapatkan harga tiket yang paling terjangkau.

  • Berhati-hatilah dengan penipuan

Saat ini banyak penipuan tiket pesawat yang terjadi. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat membeli tiket pesawat secara online. Pastikan Anda membeli tiket dari situs atau agen yang terpercaya.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu Anda mendapatkan tiket pesawat domestik dengan harga terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *