Cara Ubah MP4 ke MP3 Offline dalam Hitungan Detik 2024

Aplikasi388 Dilihat
Siapa nih yang sering kali menjumpai video-video keren dengan backsound atau lagu yang asik? Pasti sering kan? Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi cara cepat menyimpan audio dari video tersebut. Misalnya untuk dijadikan koleksi lagu, soundtrack, atau bahkan sebagai materi belajar. Nah, format MP4 bisa dibilang menjadi salah satu format video paling populer saat ini. Namun, jika kita hanya ingin menikmati audionya saja, maka perlu kita lakukan proses yang disebut konversi, yaitu mengubah video berformat MP4 menjadi audio berformat MP3. Manfaatnya apa? Bayangkan, dengan menggunakan metode konversi secara offline ini, kita bisa menghemat paket data internet kita. Mengonversi video ke audio secara online bisa menghabiskan banyak kuota internet, apalagi jika filenya berukuran besar. Nah dengan metode offline, kita tidak perlu khawatir kuota kita tersedot. Selain itu, metode offline ini juga efektif menghemat waktu kita. Kita tidak perlu menunggu buffering atau proses upload dan download. Caranya sangat mudah, dan bisa dikerjakan tanpa perlu koneksi internet.

Persiapan Awal Ubah Mp4 ke Mp3

Sebelum kita lanjut ke langkah-langkah ubah mp4 ke mp3, ada beberapa hal yang perlu kita siapkan. Dalam hal ini, kita membutuhkan satu perangkat lunak, atau software, yang bernama VLC Media Player. VLC Media Player ini bisa kamu unduh secara gratis loh! Kamu tinggal cari di mesin pencari kesayanganmu, dan pastikan mendownload dari website resmi atau aplikasi store resmi sehingga aman dari virus dan malware. Jadi, apa sih kegunaan VLC Media Player ini? VLC Media Player adalah software pemutar media serbaguna yang tidak hanya mampu memutar hampir semua jenis file media, baik itu video maupun audio, tapi juga memiliki fitur untuk mengonversi atau mengubah format file media tersebut. Ya, kamu tidak salah dengar. VLC Media Player dapat menjadi alat yang sangat berguna untuk kita mengubah format video MP4 menjadi audio MP3. Jadi, sekali punya software ini, kamu tidak hanya dapat memutar media, tapi juga bisa melakukan banyak hal lainnya, termasuk konversi yang akan kita lakukan nanti. Sudah siap? yuk kita lanjut ke langkah selanjutnya!

Ubah MP4 ke MP3 Offline Hanya dalam Hitungan Detik dengan VLC

Berikut ini adalah langkah-langkah sederhana untuk mengonversi video berformat MP4 menjadi audio MP3 menggunakan VLC Media Player: 1. Jalankan Aplikasi VLC Media Player Pertama-tama, buka aplikasi VLC Media Player di komputer atau laptop kamu.
2. Pilih Menu Konversi/Simpan Klik pada menu ‘Media’ di bagian atas, lalu pilih opsi ‘Konversi / Simpan’.
3. Tambahkan File MP4 Setelah itu, klik tombol ‘Tambah’ dan pilih file MP4 yang ingin kamu konversi menjadi MP3.
4. Pilih Audio Format Pada bagian bawah, klik tombol dropdown di sebelah ‘Konversi / Simpan’, lalu pilih ‘Konversi’. Di bagian ‘Settings’, pilih ‘Audio – MP3‘ pada profil.
5. Tentukan Lokasi File Tujuan Klik ‘Browse’ dan pilih lokasi di mana kamu ingin menyimpan file MP3 hasil konversi. Jangan lupa memberi nama file.
6. Mulai Konversi Klik tombol ‘Start’ untuk memulai proses konversi. Durasi konversi tergantung pada durasi dan ukuran file video.
7. Selesai Setelah proses konversi selesai, file MP3 akan tersimpan pada lokasi yang telah kamu tentukan sebelumnya. Cek dan putar file tersebut untuk membuat sure bahwa konversi berjalan dengan sukses. Pada tutorial ini kami mencoba mengubah video lagu dengan durasi 58 menit, dengan ukuran 58 Mb hanya memerlukan waktu sekitar 10 detik. Cukup cepat bukan? Apalagi jika kamu convert video lagu yang durasinya tidak panjang dan berukuran kecil, kami pastikan waktu ubahnya hanya memakan waktu di bawah 5 detikan saja. Selamat mencoba! Semoga tutorial ini dapat membantu kamu mengonversi video MP4 menjadi audio MP3 dengan VLC Media Player dengan mudah dan cepat.

Kelebihan Ubah MP4 ke MP3 Offline Dengan VLC

1. Kecepatan dan Efisiensi Konversi Dengan menggunakan VLC Media Player untuk ubah mp4 ke mp3 tidak hanya memudahkan prosesnya, tetapi juga sangat cepat dan efisien. Tidak perlu menunggu lama untuk mengonversi video ke audio, bahkan untuk file dengan ukuran yang besar sekalipun. 2. Lebih Ekonomis Metode ini sangat ekonomis karena tidak memerlukan penggunaan paket data. Semuanya dilakukan secara offline, jadi kamu tidak perlu khawatir tentang biaya tambahan untuk data. 3. Alternatif Format Audio VLC Media Player mendukung berbagai format audio, tidak hanya MP3. Format-format lain yang didukung antara lain adalah FLAC, ALAC, WavPack, and AAC. Kamu bisa memilih dan menyesuaikan format dengan kebutuhan dan preferensimu.   Nah, cukup sekian tutorial sederhana cara mengubah MP4 ke MP3 secara offline dengan software VLC. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *