4 Sirkuit Paling Menyiksa Pengereman Motor MotoGP, Nomor 1 Ada di Asia Tenggara!

Sedang Trending 5 hari yang lalu

https: img.okezone.com content 2023 01 25 38 2752979 4-sirkuit-paling-menyiksa-pengereman-motor-motogp-nomor-1-ada-di-asia-tenggara-8t0ysbkKgi.jpg 4 sirkuit paling menyiksa pengereman motor MotoGP. (Foto: MotoGP)

4 sirkuit paling menyiksa pengereman motor MotoGP menarik dikulik. Sebab, para pembalap kudu berjuang lebih keras untuk berkompetisi memperebutkan hasil manis kala mentas di sirkuit tersebut.

Ajang balap motor nomor paling bergengsi di dunia, MotoGP 2023, bakal segera dimulai. Pada tahun ini, MotoGP bakal menggelar 21 seri nan bakal dimulai dengan Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal.

BACA JUGA: Cerita Menarik di Balik Sikap Tenang dan Kalem Dani Pedrosa

Pada gelaran MotoGP 2023, di setiap sirkuit, bakal digelar dua kali balapan setiap pekannya. Balapan itu adalah sprint race nan digelar pada Sabtu dan main race pada Minggu.

Pada MotoGP musim 2023, terdapat dua sirkuit baru, ialah Sirkuit Sokol di Kazakhstan dan Buddh International Circuit di India. Terlepas dari kedua sirkuit tersebut, trek nan digunakan pada gelaran MotoGP mempunyai keunikannya masing-masing.

BACA JUGA: Ini Alasan Mengapa Detak Jantung Para Pembalap MotoGP Bisa Sangat Tinggi

Salah satunya adalah ada sirkuit nan sangat menyiksa sistem pengereman motor peserta MotoGP. Dari sekian banyaknya sirkuit MotoGP, berikut adalah beberapa sirkuit nan sangat menyiksa pengereman motor MotoGP.

4. Sirkuit Catalunya, Spanyol

Sirkuit Catalunya merupakan salah satu sirkuit nan terletak dari Negeri Matador, Spanyol. Ciri unik sirkuit ini adalah temperatur lintasannya nan sangat tinggi. Oleh lantaran itu, pembalap diharuskan menggunakan semua rem nan ada pada motornya.

Titik paling menyiksa pengereman di sirkuit ini adalah beberapa meter sebelum tiba di tikungan pertama. Hal ini terjadi lantaran tikungan pertama terletak tepat setelah trek lurus sepanjang lebih dari 1 km.

Kecepatan nan kondusif untuk melintasi tikungan ini adalah 100 km/jam. Namun pada trek lurus, motor pembalap bisa melaju hingga kecepatan lebih dari 350 km/jam. Artinya, pembalap kudu melakukan pengereman untuk perlambatan 240 km/jam pada jarak kurang dari 300 meter.

3. Sirkuit Red Bull Ring, Austria

Menjadi sirkuit dengan jumlah tikungan paling sedikit, tidak membikin sirkuit di Austria ini memanjakan para pembalap. Hampir semua tikungan pada sirkuit ini memerlukan pengereman nan keras.

Dari total 10 tikungan nan dimiliki, 7 di antaranya mempunyai tanda pengereman di pinggir lintasannya. Menurut pabrikan penyuplai rem MotoGP, Brembo, ada 3 tikungan nan memerlukan pengereman sangat keras.

Titik paling menyiksa pengereman di sirkuit ini adalah tepat sebelum tikungan pertama. Meski tikungan tersebut terlihat sederhana, nan kudu diperhatikan adalah pembalap hanya mempunyai waktu kurang lebih 4 detik untuk menurunkan kecepatan motornya dari 300 km/jam menjadi kurang dari 100 km/jam.

Follow Berita Okezone di Google News

Selengkapnya
Sumber Olahraga Okezone
Olahraga Okezone
Atas