5 Olahan Ayam Kekinian Agar Kamu Nggak Boros Jajan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Sama halnya seperti telur, daging ayam menjadi salah satu bahan makanan nan banyak dikonsumsi dan digemari masyarakat. Di samping itu, ayam juga sangat mudah diolah menjadi beragam macam hidangan nan lezat dan menarik. Termasuk beragam olahan ayam kekinian nan pasti sering Anda temukan di beragam restoran dan pusat perbelanjaan. 

Tak hanya untuk lauk nan disantap berbareng nasi, masakan ayam kekinian ini juga bisa menjadi snack untuk camilan saat santai. Jadi semakin penasaran, ‘kan, gimana langkah membuatnya sendiri di rumah agar bisa makan lezat setiap hari tanpa kudu merogoh kocek terlalu dalam? 

Olahan Ayam Kekinian Ternyata Mudah Dibuat

Kalau Anda perhatikan, banyak sekali upaya kuliner saat ini nan memanfaatkan ayam sebagai bahan utamanya. Tak lagi sekadar digoreng alias dipanggang, tapi para pebisnis ini punya langkah imajinatif sehingga terciptalah penemuan masakan ayam nan kemudian disukai banyak orang.

Misalnya saja, salted egg chicken. Sebelum terkenal dijajakan di beragam gerai makanan dan restoran, siapa, sih, nan terpikir memasak ayam dilumuri dengan saus telur asin? Sekarang, malah menjadi salah satu olahan ayam kekinian nan banyak disukai, mudah, dan sering dibuat di rumah. Solusi buat Anda nan mau irit jajan.

So, buat Anda nan tertarik dengan olahan ayam kekinian dan mau bisa menyantapnya setiap saat di rumah, ini dia lima resep nan bisa Anda coba.  

1. Resep salted egg chicken

Ayam goreng saus asin disajikan di atas piring putih.Sajikan berbareng nasi hangat, tambahkan topping telur mata sapi. (Foto: Shutterstock)

Nama salted egg chicken sudah tidak asing lagi di telinga, terutama jika Anda kegemaran kulineran. Inilah olahan ayam kekinian nan cukup dipadukan dengan nasi hangat saja, rasanya sudah luas biasa. Bisa juga dengan menambahkan telur mata sapi sebagai pelengkap. Buat nan suka pedas, jangan lupa sambal kecap dan cabe rawit.  

Nah, menu nan awalnya hanya kita kenal di restoran saja, rupanya mudah banget dibuat di rumah, lho. Apalagi dengan adanya ramuan siap pakai nan bakal membantu proses masaknya jadi lebih praktis, ialah Royco Bumbu Siap Pakai Ayam Saus Telur Asin. Tinggal tumis ramuan ini dengan margarin berbareng bawang putih, cabai, dan daun kari. Terakhir, masukkan potongan ayam nan telah digoreng sebelumnya.  

Oh ya, selain daging ayam, kapan-kapan Anda juga bisa mencoba resep lain seperti oseng udang telur asin ataupun cumi telur asin. 

2. Resep rice bowl ayam sambal matah

Resep ayam kekinian berikutnya adalah rice bowl ayam sambal matah. Rice bowl sendiri merupakan salah satu makanan kekinian nan bisa disajikan dengan beragam lauk, termasuk salted egg chicken nan telah disebutkan di nomor sebelumnya. Namun kali ini, Masak Apa Hari Ini merekomendasikan Rice Bowl Ayam Sambal Matah sebagai salah satu inspirasi makan siang ataupun makan malam kamu.  

Sederhananya, rice bowl ini adalah fillet daging ayam nan disajikan berbareng sambal matah di atas nasi hangat. Wah, cocok banget disantap saat rehat makan siang di rumah alias di kantor. Sebagai pelengkap, sajikan berbareng dengan lalapan sayuran seperti mentimun, tomat, selada, dan daun kemangi. 

3. Resep sayap ayam panggang

Nah, nan satu ini lebih cocok dijadikan snack saat lagi kumpul berbareng kawan alias keluarga. Resep sayap ayam panggang kali ini dimasak dengan teknik tertentu nan membikin bumbu-bumbunya meresap sempurna.  

Setelah dimarinasi dengan perasan air jeruk nipis serta garam, sayap ayam didiamkan dulu selama beberapa lama, baru dimasak berbareng bumbu-bumbu dan Bango Kecap Manis. Setelah matang, panggang sejenak agar tercipta aroma smoky nan enak.  

4. Resep ayam crispy XXL ala Taiwan

Ayam goreng crispy ala Taiwan disajikan di atas talenan kayu.Taburan ramuan jenis rasa membikin olahan ayam ini digemari. (Foto: Shutterstock)

Hayo, siapa nan nggak pernah tidakhadir beli ayam crispy a la Taiwan ini saat jalan-jalan ke mal? Sekali-sekali, bikin sendiri saja, yuk, olahan ayam nan lagi hits ini. Ciri unik dari street food terkenal asal Taiwan ini adalah lapisan tepung mirip crumble nan menyelimuti daging ayam nan berbentuk pipih dan lebar. Ditambah dengan ramuan tabur nan gurih dengan beragam pilihan rasa, nan menjadikan ayam goreng tipis ini laku manis dan bikin orang rela mengantri. 

Kalau Anda penasaran, cek resep ayam crispy XXL ala Taiwan selengkapnya di Masak Apa Hari Ini, ya! Perhatikan betul langkah-langkah pembuatannya agar hasil akhirnya sukses seperti nan dijual di pusat perbelanjaan. 

5. Resep ayam goreng Korea

Suka penasaran dengan ayam goreng Korea nan sering Anda lihat di drama Korea? Tenang, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, kok. Ciri unik ayam goreng Korea adalah memakai ayam bagian sayap (tapi bisa juga menggunakan bagian lainnya), diracik menggunakan saus cabe unik Korea (gochujang), dan diberi taburan biji wijen putih.  

Kalau Anda tertarik dengan makanan ala Korea lainnya, Anda juga bisa cobain resep jajangmyeon, pajeon daun bawang, ataupun kimbap bulgogi bayam. Atau, cek juga Instagram Masak Apa Hari Ini untuk inspirasi resep lainnya. 

Bagaimana, sudah siap untuk masak olahan ayam kekinian untuk kawan makan ataupun snack hari ini? 

Selengkapnya
Sumber Kuliner Masakapahariini
Kuliner Masakapahariini
Atas