Akomodir Keinginan Mayoritas Klub, PT LIB Setuju Lanjutkan Liga 2 dengan Catatan

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

INDOSPORT.COM - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 2 2022-2023 mengatakan sepakat melanjutkan kejuaraan musim ini. Semua berasas hasil owner meeting di Jakarta, Selasa (24/1/23).

Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, mengatakan dari hasil pertemuan hari ini, kebanyakan klub menginginkan Liga 2 2022-2023 berlanjut. Karena itu, mereka memberikan opsi dilanjut dengan sistem bubble dan kick-off mulai 24 Februari mendatang.

"Dalam pertemuan tadi tentang terobosan kelanjutan liga nan notabene lanjut dengan sistem bubble dengan beberapa konsekuensi," kata Ferry Paulus.

"Di mana memandang kondisi per hari ini sebagian besar klub sedang rehat dan ada nan bubarkan tim, sehingga kami rancang kick-off berjalan 24 Februari," imbuhnya.

PT LIB menilai, lanjutan Liga 2 2022-2023 dengan sistem bubble adalah opsi terbaik dengan memandang hambatan nan ada seperti minimnya stadion nan layak pakai setelah ada pengarahan dari Presiden RI untuk verifikasi ulang stadion.

Nantinya, Liga 2 bakal jarak pada masa puasa dan dilanjutkan lagi sebelum kick-off Piala Dunia U-20 2023. Rencananya bakal selesai pada akhir Juni alias awal Juli 2023.

"Sebagian besar venue Liga 2 banyak nan belum punya lampu. Nanti pas puasa dihentikan, lampau lanjut lagi sesudah lebaran," jelas Ferry Paulus.

"Lalu sebelum kick-off Piala Dunia U-20 lanjut lagi dan setelah itu selesai 11 Juni. Berlanjut lagi format 6 besar dan selesai akhir Juni alias awal Juli," tambahnya.

Meski sepakat Liga 2 2022-2023 dilanjut, PT LIB tidak bisa mengambil keputusan sendiri untuk menggulirkan kompetisi. Operator menyerahkan keputusan akhir ke PSSI dengan argumen sebelumnya Exco PSSI nan memutuskan Liga 2 dihentikan.

Ferry Paulus menyampaikan, pihaknya hanya sebatas bakal membantu merekomendasikan kemauan klub ke PSSI. Nanti perihal itu dibahas di Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 16 Februari mendatang. 

"Dengan dinamika nan ada, kami sepakat Liga 2 dilanjutkan. Dan lantaran banyak batas tadi, maka ada kemauan dari teman-teman klub, maka kami membawa misi kelanjutan Liga 2 ke PSSI untuk  merumuskan. Entah seperti apa rumusannya, monggo," tutur Ferry Paulus.

"Mengingat beberapa waktu lampau dalam forum nyaris sama, ada kesepakatan rapat Exco nan memutuskan untuk dihentikan dan dibawa ke Liga musim depan. Itu bakal kami kembalikan lagi ke PSSI, jika dilanjutkan, PSSI nan menentukan formatnya," sambungnya.

Selengkapnya
Sumber Olahraga Indosport
Olahraga Indosport
Atas