Inilah 6 Cara Screenshot Di Redmi 10C, Gampang Banget

Sedang Trending 3 hari yang lalu

Redmi 10C datang sebagai salah satu ponsel entry level nan serbaguna. Tidak hanya nyaman untuk digunakan membuka media sosial, HP ini juga nyaman digunakan untuk browsing dan bermain game online berbareng teman. Apalagi, Xiaomi sudah membekali HP ini dengan MIUI 13 nan datang dengan fitur-fitur baru.

Nah, kali ini tim Carisinyal bakal menjelaskan sejumlah langkah melakukan screenshot pada ponsel Redmi 10C ini. Siapa tahu tetap ada pengguna nan belum memahami caranya, Apalagi langkah screenshotnya tidak berbeda jauh dengan seri Redmi sebelumnya. 

Berikut ini 6 screenshot di Redmi 10c nan bisa Anda coba. Cara ini juga bisa digunakan untuk HP Redmi 10 series, Redmi 9 series, apalagi untuk seri Redmi Note. 

1. Cara Screenshot di Redmi 10C Memakai Dua Tombol

Cara Screenshot di Redmi 10CSumber: HardReset.Info

Jika Anda baru pertama kali menggunakan HP Redmi 10C, Anda pasti tidak bakal asing dengan sejumlah fitur nan ada di dalamnya, termasuk fitur screenshot. Pasalnya, ponsel ini sudah menggunakan sistem Android 11.

Nah, untuk langkah screenshot dibawah ini merupakan langkah umum nan bisa dilakukan oleh beragam HP Android. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengambil screenshot di HP Redmi.

  • Tampilkan Apa Yang Hendak Di Screenshot Di Layar HP

Langkah pertama, buka HP dan arahkan tampilan layar ke perihal nan mau Anda simpan. Anda bisa membuka web, video alias chat sekalipun untuk di ambil screenshot.

  • Tekan Tombol Power dan Volume Bawah Secara  Bersamaan

Cara selanjutnya untuk melakukan screenshot, Anda hanya perlu menekan tombol power dan volume bawah di bodi samping secara bersamaan.

Tekan dan tahan kedua tombol bentuk hingga layar tampak berkedip alias muncul bunyi cekrek, nan menandakan bahwa screenshot sudah dilakukan. 

Jika berhasil, hasil screenshot bakal masuk ke galeri. Yang perlu diperhatikan kala menggunakan langkah ini adalah Anda kudu memastikan semua tombol bentuk di HP Redmi Anda bekerja normal. 

2. Cara Screenshot Menggunakan Ikon di Control Panel

screenshot xiaomi redmi note 10s

Cara untuk melakukan screenshot di Redmi 10C selanjutnya bisa menggunakan ikon screenshot nan sudah tersedia di control panel. Tentu langkah ini menjadi langkah screenshot nan cukup nyaman dan mudah dibanding repot-repot menekan tombol bersamaan. 

Untuk lebih jelas simak caranya berikut ini.

  • Tampilkan nan mau Anda screenshot di layar HP Redmi.
  • Buka control panel dengan langkah mengusap layar dari atas ke bawah agar menu control panel muncul. Kemudian cari ikon screenshot nan ada. Beberapa HP Android menampilkan ikon berupa gunting, ada juga nan berupa lembaran kertas. 
  • Jika ikon screenshot tidak ada, coba Anda cek pengaturan control panel. Bisa jadi, ikon screenshot tetap belum dimunculkan. Nah, Anda bisa mengatur ulang agar ikon screenshot muncul di control panel.
  • Ketika ikon disentuh, maka otomatis screenshot bakal berjalan dan layar HP berkedip.  

3. Cara Screenshot Panjang dan Edit Screenshot

Cara Screenshot di Redmi 10CSumber: HardReset.Info

Biasanya jika screenshot sukses dilakukan, bakal muncul notifikasi alias muncul gambar pratinjau di bagian pojok layar. 

Nah, di bagian bawah gambar pratinjau tersebut bakal ada pilihan untuk melakukan screenshot panjang, edit hasil screenshot, hingga berbagi hasil screenshot. Anda tinggal memilih sesuai kebutuhan. 

Untuk melakukan screenshot panjang pastikan tampilan layar nan hendak Anda simpan memang bisa di gulir ke bawah. 

Untuk mengedit hasil screenshot, hanya ada pilihan sederhana seperti memotong gambar agar hasil screenshot lebih konsentrasi pada nan diinginkan.

Anda juga dapat mengecek hasil screenshot dengan masuk ke Galeri. Untuk HP Redmi 10C, hasil screenshot bakal masuk ke album screenshot. 

4. Cara Screenshot Dengan Tiga Jari di Redmi 10C

Redmi 10C

Xiaomi juga menghadirkan langkah unik untuk screenshot nan melibatkan fitur-fitur bawaan HP. contohnya adalah screenshot dengan tiga jari. Berikut cara-caranya. 

  • Buka Setting telepon Redmi 10C.
  • Lalu pilih Advanced Setting dan pilih bagian Button & Gesture Shortcuts
  • Pilih bagian take a  screenshot, lampau aktifkan bagian slide 3 fingers down tersebut.
  • Untuk melakukan screenshot, Anda cukup cari area layar nan mau disimpan, lampau gerakkan  tiga jari Anda di layar dari arah atas ke arah bawah.
  • Nantinya jika screenshot berhasil, layar HP bakal berkedip alias terdengar bunyi klik kamera.
  • Hasil screenshot dapat langsung tersimpan di galeri..

5. Cara Screenshot dengan Tombol Kembali

redmi 10c cover

Bila Anda sedang dalam kondisi butuh secepatnya untuk melakukan screenshot, Anda bisa mencoba langkah di bawah ini.

1. Langkah pertama adalah Anda cukup menekan tombol kembali nan biasanya berasosiasi di tombol navigasi..

2. Biasanya tombol kembali di HP Redmi ada di sebelah kanan diantara 3 tombol navigasi.

3. Untuk melakukan screenshot, Anda cukup menekan tombol tersebut.

4. Nantinya jika screenshot berhasil, Layar HP bakal berkedip alias terdengar bunyi klik kamera.

6. Hasil screenshot dapat langsung tersimpan di galeri di album screenshot. 

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda bisa masuk ke pengaturan telepon kemudian pilih menu layar.utama. Kemudian pilih navigasi sistem lanjut pilih pintasan tombol. 

Di bagian menu ini, Anda tinggal memilih ‘tekan lama tombol kembali’ dengan kegunaan screenshot. Cara ini memang hanya datang di HP Android dengan sistem terbaru.

6. Rekomendasi Aplikasi Screenshot di Redmi 10C

Sebagian pengguna Android lebih memilih menggunakan aplikasi screenshot nan ada di Play Store untuk mendapatkan fitur nan lebih baik dan lebih lengkap.

Nah, Berikut ini rekomendasi aplikasi screenshot cuma-cuma nan bisa Anda gunakan pada smartphone Redmi 10C. 

  • Screen Master
screen master_

Ini merupakan salah satu aplikasi screenshot terbaik nan ada di Play Store. Sebagai buktinya, aplikasi cuma-cuma ini sudah digunakan lebih dari 5 juta pengguna ini apalagi mendapat nilai ulasan 4,7. Tidak heran Screenshot Master sangat direkomendasikan untuk Anda nan sering screenshot layar HP.

Kelebihan aplikasi ini adalah user interface-nya cukup sederhana dan praktis sehingga mudah digunakan. Aplikasi ini juga cukup ringan tidak membebani RAM. Kelebihan nan utama, tentunya aplikasi ini mempunyai hasil gambar nan berkualitas, fitur nan lengkap, termasuk adanya fitur edit dan berbagi ke media sosial.

Sedikit kekurangan aplikasi screenshot ini adalah adanya iklan nan muncul lantaran aplikasi ini gratis. Selain itu, aplikasi ini tidak dapat mengambil gambar pada konten nan dilindungi. Kekurangan lain, aplikasi ini menampilkan bilah tambahan di status bar. Hal ini tentu sedikit merepotkan ketika kudu melakukan screenshot secara cepat.

Satu perihal nan Tim Carisinyal suka dari aplikasi ini adalah adanya keahlian screenshot dengan langkah menggoyang-goyang ponsel. Ketika dicoba, fitur ini rupanya cukup sigap dan mudah digunakan.

Selengkapnya
Sumber Teknologi Carisinyal
Teknologi Carisinyal
Atas